REFLEKSI TERBIMBING 2.1.a.6
Pertanyaan terkait konteks diri sendiri:
1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
Pada pembelajaran di kelas, Saya menemui kondisi murid yang sangat beragam. Di antara keberagaman itu adalah ketertarikan yang berbeda di setiap mata pelajaran, gaya belajar yang berbeda, minat yang berbeda. Nah, dari materi yang sudah Saya pelajari di modul 2, pembelajaran berdifferensiasi adalah solusi yang tepat untuk menghadapi keberagaman ini.
Pembelajaran berdifferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid (Tomlinson, 2000).
Diperlukan kesiapan dan kemampuan Guru untuk memvariasi pembelajaran yaitu dengan menyediakan bahan-bahan belajar guna memberikan pengalaman belajar berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Adapun differensiasi yang dapat dilakukan Guru adalah yaitu dari segi konten, proses, dan produk yang dihasilkan siswa.
2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
Yang sulit Saya terapkan dalam pembelajaran berdifferensiasi adalah mengenali kebutuhan belajar murid satu persatu. Dengan latar belakang yang beragam, tentunya diperlukan waktu yang lebih. Apalagi seperti saat ini, yaitu pembelajaran daring dimana Guru tidak bisa bertemu dengan murid. Diperlukan strategi dan inovasi untuk mengenali masing-masing murid.
3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda dapat mengakses dukungan tersebut.
Dukungan penuh yang saya perlukan selain Kepala Sekolah dan rekan Guru adalah dari orang tua murid untuk memastikan bahwa murid terlibat langsung dalam pembelajaran dan juga memastikan para orang tua untuk mendampingi anak-anaknya. Semua Saya perlukan untuk survey pengisian angket. Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan grup paguyupan orang tua melalui grup WA yang saya bentuk.
4. Jika Anda menghadapi suatu situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdifferensiasi beranikah Anda mengambil resiko untuk memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan jawaban Anda dengan alasannya.
Jika kebutuhan belajar siswa saya tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdifferensiasi maka Saya berani mengambil resiko untuk memodifikasi pembelajaran yang telah Saya lakukan meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang ada. Seorang pendidik adalah orang yang paling tahu kondisi kelasnya. Pendidik mempunyai hak untuk melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitasnya, mempertimbangkan, serta memutuskan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan muridnya dengan tetap memegang tujuan pembelajaran.
Refleksi diri:
1. Saya akan melakukan praktik pembelajaran berdifferensiasi dengan cara merancang RPP mulai dari tujuan, sumber belajar, media pembelajaran, langkah kegiatan, dan evaluasi dengan differensiasi konten, proses, dan produk.
2. Saya akan selalu berpikiran dan bersikap positif meskipun nantinya Saya menghadapi berbagai tantangan. Saya akan memegang filosofi KHD bahwa pendidikan haruslah berpihak pada murid.
Komentar
Posting Komentar