3.3.a.6 Refleksi Terbimbing-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 


Pertanyaan pemantik:

1.      Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal yang menarik bagi Saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bahwa setiap penyusunan program sekolah haruslah dibuat berdasarkan pemetaan sumber daya/aset yang berbasis kekuatan. Aset sekolah yang ada harus dimanfaatkan sebagai program sekolah yang berdampak pada murid. Murid harus aktif dan berperan dalam setiap kegiatan. Pelaksanaan program harus menciptakan rasa yang menyenangkan dan bahagia bagi murid dengan menerapkan tahapan BAGJA.

Adapun tahapan BAGJA Aadalah:

B-Buat pertanyaan

A-Ambil pelajaran

G-Gali mimpi

J-Jabarkan rencana

A-Atur eksekusi

2.      Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal-hal baru yang Saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah pentingnya menyetujui prinsip sebagai pedoman, pentingnya memonitoring setiap program, menetapkan siapa saja yang terlibat dalam setiap program, mengidentifikasi sasaran, tujuan, dan aktivitas serta langkah-langkah untuk melakukan perubahan, pentingnya mengidentifikasi informasi, menilai dan menganalisis informasi. Selanjutnya adalah pemahaman Saya tentang manajemen risiko. Adapun risiko manajemen risiko adalah sebagai berikut:

a.       Risiko strategi, adalah risiko yang berpengaruh terhadap kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan.

b.      Risiko keuangan, adalah risiko yang mungkin akan berakibat berkurangnya aset.

c.       Risiko operasional, adalah risiko yang berdampak pada kelangsungan proses manajemen.

d.      Risiko pemenuhan, adalah risiko yang berdampak pada kemampuan proses dan prosedural internal untuk memenuhi hukum dan peraturan yang berlaku.

e.       Risiko reputas, adalah risiko yang berdampak pada reputasi dan nama lembaga.

Setiap perubahan yang dilakukan sekolah akan menimbulkan risiko, maka setiap sekolah harus mengidentifikasi risiko dan merencanakan pengelolaannya. Dengan melakukan manajemen risiko maka setiap kegagalan akan suatu program bisa diminimalisir. Adapun tahapan manajemen risiko meliputi identifikasi jenis risiko, pengukuran risiko, melakukan strategi dalam pengendalian risiko, melakukan evaluasi secara terus menerus dan berkelanjutan.

3.      Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Perubahan yang akan Saya lakukan adalah mengelola program yang berdampak pada murid, melakukan identifikasi aset terhadap kekuatan yang dimiliki sekolah.untuk menyusun program yang akan dilaksanakan, melakukan tahapan BAGJA dan melakukan manajemen risiko sebelum melaksanakan program. Selain itu kemampuan kompetensi diri sebagai pendidik (kompetensi profesional, sosial, pedagogik, dan kepribadian) juga Saya tingkatkan. 


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.3.a.4 Unggah Tugas Eksplorasi Konsep

3.3.a.4.2 Eksplorasi Konsep-Forum Diakusi Kasus 1

Pembelajaran Karakter yang Menyenangkan dan Bermakna