1.2.a.9 Koneksi Antar Materi-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Menurut Saya nilai-nilai Guru Penggerak sebagai berikut:
1. Mandiri: Seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan. dengan mandiri maka seorang guru akan mampu bertanggung jawab terhadap hal-hal atau keputusan yang telah diambil. Guru senantiasa tergerak memotivasi diri dalam melakukan aksi, melakukan perubahan, aktif mengembangkan kompetensi yang dimiliki tanpa perlu dorongan pihak lain.
2. Reflektif: Seorang guru harus terbuka dengan segala bentuk perubahan, harus mampu menerima hal-hal yang baru. Melalui reflektif, seorang guru akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar, menerima umpan balik dan melakukan evaluasi diri.
3. Kolaboratif: Seorang guru harus mampu bekerjasama dengan teman-teman sejawatnya guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan berkolaboratif, seorang guru akan mampu mengetaui kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar.
4. Inovatif: Seorang guru harus mampu memunculkan ide-ide kreatif dalam rangka mengembangkan pembelajaran.
5. Pembelajaran yang berpusat pada murid: Seorang guru harus mengutamakan kepentingan murid, memberikan kesempatan kepada murid dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitas, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Sedangkan peran Guru Pengggerak sebagai berikut:
1. menjadi pemimpin pembelajaran
2. menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan
3. menjadi coach/mentor bagi guru lain
4. mendorong tumbuh kembang murid secara holistik
5. menjalin kerjasama dengan teman sejawat dan orang tua murid
6. menggerakkan komunitas praktis
Menurut Saya keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan filosofi KHD:
1. Menurut KHD bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat . Dalam proses menuntun anak diberikan kebebasan.
2. Guru adalah seorang pamong yang memberikan tuntunan agar anak dapat menemukan kemerdekaannyadalam belajar. Selain itu, guru harus berada di depan dan memberi teladan bagi peserta didik 9Ing ngarso sung tuladha). Berada di tengah-tengah peserta didik (Ing madya mangun karsa) guna memberikan semangat dan motivasi pada peserta didik.
3. Di saat di belakang peserta didik (Tut wuri handayani) guru juga harus bisa sebagai pendorong bagi peserta didik untuk mencapai impiannya. Hal ini sangay relevan dengan nilai Guru Penggerak yakni mandiri dan berpihak pada murid serta sebagai pemimpin pembelajaran yang mewujudkan kepemimpinan pada murid.
Strategi yang dilakukan untuk mencapai nilai dan peran Guru Penggerka:
1. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kompetemnsi diri
2. Meningkatkan 5 nilai Guru Penggerak dalam aktivitas pembelajaran
3. Berinovasi dalam pembelajaran
4. Berbagi, berkomunikasi, dan berdiskusi dengan rekan sejawat
5. Bekomitmen kuat untuk melaksanakan tugas sebagai guru yang mengedepankan murid
Pihak yang dapat membantu dalam mencapai gambaran diri saya adalah:
1. Kepala Sekolah
2. Pengawas Sekolah
3. Teman sejawat
4. Keluarga
5. Orang tua murid dan murid
Terima kasih
Salam bahagia Salam Guru Penggerak
Tergerak, bergerak, dan menggerakkan
Surabaya, 28/5/2021
Komentar
Posting Komentar