3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual-Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya
Banyak hal-hal baru yang Saya dapatkan setelah
mempelajari materi modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Sangatlah penting seorang pemimpin menyadari
bahwa sumber daya yang dimiliki sekolah jika dikelola dengan baik dan bijak
maka akan menjadi sebuah aset terbesar guna berperan memajukan sekolah. Setiap sekolah tentunya memiliki kekuatan aset
yang berbeda-beda. Saat ini saya sebagai CGP Angkatan 2 Surabaya akan memetakan
7 Aset Sumber Daya yang di sekolah saya yaitu SDN Pacarkembang 1/192. Tujuan
dari pemetaan aset adalah agar sekolah mampu memaksimalkan sumber daya yang ada
untuk membantu dalam proses belajar di sekolah.
Pemetakan sumber daya tersebut berdasarkan modal manusia,modal
sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik,
modal agama dan budaya. Pengembangan komunitas berbasis aset merupakan strategi atau langkah yang
sangat efektif dan relevan dikembangkan dalam sebuah komunitas sekolah. Strategi
ini nantinya memadukan dua kekuatan yang bersumber dari kekuatan sumber daya
manusia (biotik) dan kekuatan yang bersumber dari lingkungan fisik (abiotik).
Jika kedua kekuatan ini dipadukan maka akan dapat dijadikan sebuah dasar dalam
mengelola sebuah komunitas sekolah agar dapat berkembang dan memiliki nilai
keunikan tersendiri.
Apa yang kami kuasai?
Saya adalah guru baru di SDN Pacarkembang 1 sejak Januari 2021. Sekolah kami adalah sekolah
merger dari empat sekolah sejak 1 April 2015. Sekolah terletak di lingkungan yang
padat penduduk dan di seberang sekolah terdapat pasar tradisional. Selama kurun
waktu dan beberapa dekade sejak merger sekolah kami telah banyak menghasilkan
sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Begitu pula dari kondisi
guru-guru yang mengajar selama kurun waktu yang berjalan tingkat kualifikasi
yang dimiliki oleh guru-guru mulai dari SPG sampai sekarang yang kini semuanya
sudah memiliki kualifikasi pendidikan S1. Sudah banyak prestasi yang diraih melalui
lomba prestasi murid. Alhamdullilah, kontribusi
dalam bidang kemajuan pendidikan sudah banyak yang diberikan. Apa saja
yang kami kuasai selama ini bukan sesuatu yang luar biasa, namun kami sebagai
pendidik selalu berusaha dalam memajukan pendidikan dengan melaksanakan proses
pembelajaran yang berpihak pada siswa.
Apa yang kami paling banggakan dari sekolah ini? Dan murid-murid kami?
Melihat kembali seluruh perjalanan proses pembelajaran
disekolah kami yang menjadi bagian penting sebuah institusi pendidikan ada
suatu kebanggaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya patut kami berikan bagi
keberadaan dan kontribusi yang pernah diberikan sekolah kepada masyarakat lokal
di daerah kami. Banyak lulusan dari sekolah kami kini sudah sukses dan
menggapai masa depan mereka. Yang paling kami banggakan dari sekolah ini adalah
dengan diperolehnya banyak prestasi murid yang selama ini baik berupa prestasi
lomba maupun prestasi akademik meski itu hanya sebatas prestasi tingkat lokal. Dan
kamipun bangga terhadap murid-murid karena dapat menjadi bagian komunitas
sekolah yang mampu menampilkan jati diri dan turut serta dalam menentukan
kualitas sumber daya yang dimiliki oleh sekolah.
Apa yang membuat kami unik?
Keunikan yang dimiliki oleh sekolah kami adalah dari
segi kemajemukan guru dan murid yang membuat sekolah terlihat heterogen. Baik
dari guru tenaga kependidikan maupun kemajemukan murid kami. Meski letak
sekolah kami berada dikawasan pemukiman dan pasar tradisional dan mayoritas
penduduknya berasal dari suku jawa namun pada kenyataannya guru dan murid
disekolah selalu bersatu padu dalam melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
Semenjak dibentuknya komunitas praktik di sekolah kami maka kamipun punya
branding sekolah yaitu Batik. Adapun maksud dari branding ini adalah selain
semua warga sekolah memahami cara pembuatan batik, batik sendiri merupakan
singkatan dari Berkarakter, Aktif, Tebuka, Inovatif, dan Kreatif. Kamipun
mempunyai lagu “Generasi Batik”.
Kekuatan yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas di
sekitar
Seperti yang telah kami ungkapkan bahwa sekolah kami
merupakan bagian dari masyarakat lokal yang ada di daerah kami. Murid yang
lulus dari sekolah kami sebagian sudah menjadi sukses dan menjadi aset modal
daerah kami sebagai masyarakat yang sudah memiliki kemandirian dalam
mengembangkan usaha bahkan produksi kemasyarakatan. Ada beberapa yang berhasil
menjadi pengusaha, PNS, wiraswasta. Tentunya keberhasilan dari mereka tidak
terlepas dari latar pendidikan dasar yang mereka miliki sejak awal bersekolah.
Sumber daya manusia yang tangguh yang dimiliki oleh setiap individu terkait
erat dengan pengetahuan dan kapasitas pendidikan awal yang mereka miliki.
Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki lebih baik dari orang lain
Sekolah kami telah melakukan beberapa kewajiban
sebagai sebuah institusi pendidikan dengan memberi layanan secara proaktif dan
simultan. Tentunya peran dan kontribusi terhadap masyarakat sekitar sangatlah
memberi nilai dan arti yang positif. Kami selalu berupaya melakukan yang
terbaik dan memberi layanan pendidikan secara prima dan maksimal kepada seluruh
lapisan masyarakat lokal yang ada di daerah kami khususnya masyarakat yang ada
di sekitar sekolah kami .
Berikut adalah pemetaan 7 aset pengelolaan sumber daya
di SDN Pacarkembang 1/192 Surabaya:
Komentar
Posting Komentar